Gulai Aceh :)

Pagi-pagi dirumah, tiba-tiba kepikiran pengen masak. Hmm..masak apa yaaa…hmm…GULAI ACEH!! 😉

Ikan Gulai Aceh ala Tia 😀


Gulai Aceh..hayoo..berasal darimana ni masakan? Pasti semuanya tw ya.. Yup, emang bener, ni masakan dari daerah Aceh. Dari namanya aja dah keliatan ya.. 😀
Ceritanya tu, ibukQ lahir dan lama tinggal di Aceh (termasuk aq), jadi masakan-masakan aceh udah biasa dimasak untuk lauk sehari-hari. Salah satunya ya gulai aceh ini.
Kalo aq liat dari masakan-masakan aceh yang dibuat ibukQ, rata-rata bahannya ribet, banyak bumbu2nya. Penasaran, aq jadi pengen nyoba bikin Gulai Aceh sendiri 🙂

BAHAN :
1/2 kg ikan (bisa ikan tongkol, tengiri, tuna, ato terserah mo pake ikan apa, tapi biasanya kalo di rumahQ masaknya pake tongkol ato tuna. Kalo untuk yang ga suka ikan, bahannya bisa diganti dengan daging ato udang, biasanya ditambahin kentang).

BUMBU (utk 1/2 kg ikan)
– 4 siung bawang putih
– 4 siung bawang merah
– 2 cabe merah
– 8 cabe rawit (ni pedes loh, namanya juga gulai aceh, kalo ga pedes ga enak, untuk yang ga suka pedes, kira2 aja cabenya :D)
– ketumbar (setengah sendok makan ketumbar halus)
– kunyit 1 ruas jari
– garam
– gula (sedikiiiit)
Daaann…ini ni yang mungkin rada aneh, tapi ini yang bikin gulai aceh enakk..namanya ASAM SUNTI..
asam ini dibuat dari belimbing wuluh (tw kan?) yang dijemur di bawah sinar matahari beberapa hari,,nanti jadinya belimbing wuluh berubah warna menjadi itam dan mengecil.
Asam sunti yang digunakan 5 buah.

Semua bumbu di blenderrr…sampe haluss.. 🙂

Langkah memasak :
– Iris bawang merah dan bawang putih masing2 4 siung
– Siapkan minyak dalam wajan, setelah panas, masukkan irisan bawang merah dan putih, sangrai..
– Setelah itu, masukkan bumbu2 yang telah dihaluskan. Sangraaaii sampe harum bumbu keluar..
– Tuang 2,5 gelas air ke dalam bumbu yang telah disangrai.
– Biarkan sampai mendidih.
– Setelah mendidih masukkan ikan yang telah dibersihkan.
– Beri garam secukupnya, gula sedikit.
– Biarkan sampai ikan matang.

Untuk menambah aroma wangi gulai aceh ini, biasanya dimasukkan cabe hijau utuh atau dibelah dua beberapa biji (3 biji), juga dimasukkan daun yang dinamakan DAUN TEMURU. Daun ini kalo dimasukkan ke dalam gulai aceh, akan mengeluarkan aroma yang khas, yang menambah kelezatan pada gulai aceh. (kalo susah ndapetin daun ini, di rumahQ ada loh..hehe). Oiya, daun temuru ini biasanya juga dipake waktu masak gule kambingnya orang aceh..rasa dan aromanya tambah mantabb lohh 😀

Masukkan semua bahan yang dibutuhkan.,..aduk perlahan supaya ikan tidak hancur…
Setelah matang..angkat..siap disajikan…hmm…yummmiiyyy… 🙂
Gulai ini paling enak dimakan dengan nasi panas yang baru masak 😉

Selamat mencoba dan menikmati 🙂

-Tia-

Advertisements

9 thoughts on “Gulai Aceh :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s