Daging Balado & Oseng Kacang Panjang (1)

Wah, lama juga ya aq ga posting..hehe..ni mumpung ada internet gratis, jadi kangen pengen posting lagi.. 🙂

Lama di rumah, nungguin wisuda (Maret) jadi kerjaannya masak-masak..mumpung masi ada waktu luang, jadi nyobain resep-resep masakan turunan abukQ..hehe,..Kebetulan hari itu hari Senin, si Didit (adekQ) puasa, jadi sekalian aja masakin buat dy buka puasa ntar sore..:D
Senin siang, kepikiran pengen bikin daging balado trus sayurnya oseng-oseng kacang panjang, mau tw hasilnyaaaaa…hehe…
Cekidot…

1. Daging Balado

Daging Balado ala Tia


Cara bikinnya…
BAHAN :
Kmaren aq bikinnya dengan 1/4 kg daging sapi.

BUMBU (untuk 1/4 kg daging sapi)
– 5 buah cabe merah
– 3 buah cabe rawit (kalo mw pedes, tambahin aja sesuai selera)
Sori, ukuran bumbunya ga pake ukuran kilo2an, aq ga ngerti soalnya, jadi langsung aja pake cabe sesuai selera..hehe
– 1 siung bawang merah
– 1 buah tomat
– asam jawa (ato bisa menggunakan jeruk nipis)
– garam
– gula

LANGKAH MEMASAK :
Pertama, kita buat dulu sambal balado nya.
Cabe merah, cabe rawit, bawang merah, dan tomat digiling. Gilingnya jangan halus, maka dari itu lebih enak nggilingmya pake ulekan (biasanya apa ya namanya..cobek ya?hehe..Setelah selesai digiling, kemudian dibiarkan dulu. Sekarang kita buat daging gorengnya.
Daging sapi dipotong dengan ketebalan sekitar 1 cm (jangan terlalu tipis). Setelah itu, giling bawang putih, ketumbar, dan sedikit garam untuk bumbu daging sebelum digoreng. Sebelum daging digoreng, oleskan bumbu ke daging, sehingga bumbu meresap. Setelah itu, goreng daging sampai matang (berwarna coklat kehitaman tapi bukan gosong loh yaaaa..), tiriskan.
Berikutnya, panaskan minyak untuk menggoreng sambal balado yang telah digiling tadi (minyak yang dipakai untuk menggoreng daging tadi juga boleh..). Setelah minyak panas, masukkan sambal balado yang telah dibuat tadi.
Sambal digoreng, beri garam dan gula secukupnya. Masukkan asam jawa (atau jeruk nipis). Sambal digoreng sampai mengeluarkan bau harum.
Setelah harum, masukkan daging yang telah digoreng ke sambal balado nya. Aduk sampai rata. Setelah rata, angkat dan siap disajikan.

Jadi de Daging Balado nyaaaa.. 🙂
Ada satu lagi ni mustinya..oseng2 kacang panjang..tapiii…
Tunggu di postingan selanjutnya yaa.. 😉

Selamat mencoba dan menikmati.. 😀

-Tia-

Advertisements

2 thoughts on “Daging Balado & Oseng Kacang Panjang (1)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s