Tour de (small part of) South Jakarta & Central Jakarta

Ngga kerasa dah weekend lagi..rasanya hari ko cepet banget berlalu ya.. 🙂
Well, saya mw sedikit cerita dan yang jelas mengabadikan pengalaman dalam bentuk tulisan lagi..hehe
Kali ini tentang weekend saya yang ke sekian kalinya di Jakarta.
Hari sabtu tanggal 27 November 2010
Perjalanan keliling-keliling kota Jakarta dilanjutkan!
Kali ini saya, dan tentu saja ditemenin Adek keliling sebagian besar ke Jakarta Pusat. Tapi request ke Adek, minta dilewatin daerah Kemang dulu, yang katanya tempat nongkrong anak2 Gawul..hehe
Perjalanan dimulai dari Jalan Mampang Prapatan,melewati Jalan Kemang Utara 9. jalan teruusss -aq lupa kemana aja tu kelilingnya- nyampenya ke daerah Kemang Timur. Ada sesuatu yang menarik perhatian saya sepanjang perjalanan di daerah kemang, ternyata daerah ini banyak artshop-artshop yang menjual barang-barang kerajinan dari mulai furniture betawi, hiasan-hiasan rumah seperti guci dari kayu, dan lain-lain. Itu ada di sepanjang jalan daerah Kemang. Serasa di kota-kota wisata, kayak Bali 😀
Lanjut jalan lagi, banyak yang bisa dilihat di daerah kemang ini, disana kita bisa lihat, banyak cafe, club, hotel, restoran,
art galery (seperti yang sudah saya sebut diatas), butik2 yang sangat mengikuti fashion jaman sekarang, dan lain-lain.
Ketika melewati sebuah jalan (lupa nama jalannya), kecil, tetapi sepanjang jalan itu berjejer cafe-cafe tempat nongkrong
anak2 muda. Sekali lagi, daerah kemang, hampir mirip seperti di Bali. Satu yang perlu diketahui, daerah kemang ‘hidup’
di malam hari. Ketika kita kesana malam hari, akan rame pengunjung dan banyak suara dentum musik-musik dugem.
Udah pernah ke Kemang?Lewaaaattttt….. (lewat doank maksudnya :D)

Perjalanan di Jakarta Selatan dianggap selesai. Sekarang waktunya berkelana ke daerah Jakarta Pusat.
Abis dari Kemang, ni dia rute selanjutnya..Dimulai dari Jalan Prapanca. DiJalan ini, saya melewati Kantor Walikota Jakarta Selatan. Lalu Jalan Sultan Iskandarsyah, lewat blok M. Lanjut ke Jalan Sisingamangaraja, trus belok Kanan (lewat depan PLN Bulungan). Lanjut lagi ke Jalan Jenderal Sudirman. Sepanjang jalan ini banyak banget kantor-kantor (salah satu pusat perkantoran). Belok ke Jalan Asia Afrika. Disitu nglewatin Patung Senayan Trade Center (STC), trus lanjut ngelewatin Senayan City Mall juga Plaza Senayan. Kata Adek, Plaza Senayan lebih dulu ada sebelum Senayan City.
Perjalanan dilanjutkan..masuk ke Jalan Pintu Satu Senayan..pengennya masuk ke Gelora Bung Karno nya, tapi berhubung ada petugas yang jagain pintu masuknya, akhirnya batal de..puter balik, lanjutin perjalanan. Dari Jalan Pintu Satu Senayan, lurus, lewat Hotel Atlet Century lurus, masuk lagi ke Jalan jenderal Sudirman.
Lurusss terus, masuk ke Jalan Mohammad Husni Thamrin, yang akhirnya nembus ke Bundaran HI yang ada Tugu Selamat Datang nya. Waaa…seru juga muterin Bundaran HI yang notabene adalah Jantung kota Jakarta naek motor sendiri..hehe..tapi sayang, saya ngga turun buat poto dideket air mancurnya :D. Lain kali..HARUS!! 😀

Bundaran HI

Bundaran HI dikelilingi oleh Hotel Indonesia, Plaza Indonesia, Grand Indonesia, Wisma Nusantara. Perjalanan dilanjutkan, balik ke Jalan MH Thamrin, niatnya mw ke Taman Suropati. Kata Adek, di daerah situ ada rumah dinas wakil presiden Budiono, selain itu, disini ada juga rumah dinas kedutaan besar amerika. Dari MH Thamrin,belok ke kiri (lupa nama jalannya), trus ngelewatin stasiun Sudirman, jalan cimahi, lewat Masjid Sunda Kelapa, jalan trus, akhirnya nyampe di Taman Suropati.

Taman Suropati

Dari Taman Suropati, ko laper ya..ngga sah jalan jalan tapi ngga ada kulinernya..
Akhirnya sepakat ke rumah makan Sunda Ampera (kirain masakan padang loh..) di Jalan Sabang. Tapi sebelum kesana,ma adek diputerin dulu ke Jalan Jaksa..itu loh, daerah yang banyak bule-bule backpacker alias bule-bule kere..hehe..di daerah ini banyak penginapan2 atau hostel-hostel murah untuk wisatawan, terutama bule-bule. Ternyata memang bener, banyak orang asing di sepanjangan jalan itu.
Jalan lagi, ke jalan sabang, ke Ampera..makannn..hehe
Selesai makan, perjalanan dilanjutkan..Perut udah kenyang, b*kong udah panas(gara-gara duduk terus di motor), saatnya pulang..Dari Jalan Sabang, balik lagi ke Jalan Jaksa, jalan..jalan..jalan..masuk ke daerah Menteng, tepatnya nglewatin
Taman Menteng..abis itu tembus ke Jalan Rasuna Said alias daerah Mega Kuningan. Disini banyak Kantor-kantor Kedutaan besarnya. Lewat jembatan Semanggi..Lurussssss aja…sampailah di Jalan Mampang kembali..Alhamdulillah pulang lah saya ke rumah lagi 😀

Advertisements

One thought on “Tour de (small part of) South Jakarta & Central Jakarta

  1. hi, mau kasih usul ralat aja. bule backpacker bukan berarti bule itu kere. mereka itu uda cr uang mandiri jauh sebelum kita mandiri. lulus sma uda cr duit sendiri tinggal sendiri. kerja part time n kuliah, kumpulin duit buat jalan2 keliling dunia. krn perjalanan mrk msh pnjang n banyak, jd harus irit, g dhabisin dsatu tempat aja. g sopan kalo ditulis kere begitu. lgpula sepengalaman sy berpackeran dgn tmn2 bule, km mmlh tgl dtmpt murah bkn krn tdk pnya uang jg, lbh pd kesederhanaan, klo bisa dan nyaman knp tidak, drpd buang2 uang untuk yg sebenarnya tidak penting.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s